Galeri

Pendaftaran Jalur Undangan PTN 2016/2017

Pendaftaran Jalur Undangan PTN 2016/2017

PMB Jalur Undangan PTN, Pendaftaran Online Jalur Undangan Masuk PTN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Undangan PTN, Pendaftaran Jalur Khusus Siswa Berprestasi, Cara Mengikuti Seleksi Jalur Undangan PTN, Pendaftaran Jalur Tanpa Tes Tertulis, Pendaftaran Jalur Prestasi, Pendaftaran Jalur Khusus Masuk PTN, Jalur SNMPTN, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur PMDK-PN, 2016/2017
Pada kesempatan yang baik ini, admin pendaftaranonline.web.id akan memberikan informasi mengenai pendaftaran online masuk PTN. Kali ini akan memberikan informasi yang menggembirakan untuk anda, khususnya para siswa yang berprestasi yaitu Informasi Pendaftaran Jalur Undangan Masuk PTN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari ikuti pembahasannya berikut ini.
Sebagian besar siswa yang duduk di kelas XII mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mereka berharap bisa masuk dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang selama ini diimpikan.
Untuk bisa masuk dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tentunya harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Sebelum mengikuti seleksi, anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terbagi 2 yaitu jalur undangan dan jalur ujian tertulis. Jalur undangan PTN terdiri dari jalur SNMPTN, jalur SPAN-PTKIN, dan jalur PMDK-PN. Sedangkan jalur nasional ujian tertulis terdiri dari jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN, dan jalur UMPN. Pada kesempatan ini, kita akan membahas penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan PTN.
Jalur undangan PTN merupakan jalur yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik di Sekolah untuk mengikuti seleksi masuk PTN tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa. Hanya siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur undangan PTN.
Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, bahwa jalur undangan PTN ini merupakan jalur yang paling banyak pesertanya. Hal tersebut terlihat dari peserta tahun sebelumnya yang mencapai ratusan ribu. Mereka semua adalah siswa-siswi terbaik dari sekolah masing-masing. Mereka siap diseleksi oleh panitia seleksi jalur undangan PTN.
Beberapa kelebihan yang didapatkan melalui jalur undangan PTN yaitu siswa tidak perlu mengikuti seleksi ujian tertulis, karena seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lain yang mendukung. Selain itu, peserta jalur undangan PTN tidak perlu mengeluarkan biaya seleksi, karena biaya seleksi telah ditanggung oleh panitia penyelenggara.
Agar lebih memahami mengenai jalur Undangan PTN, langsung saja kita akan membahas masing-masing Jalur Undangan PTN yang telah disebutkan di atas, simak informasi selengkapnya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur Undangan PTN : SNMPTN 2016/2017
SNMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lain yang mendukung. Nilai rapor siswa yang dijadikan dasar seleksi adalah nilai rapor siswa mulai dari kelas X sampai dengan nilai rapor siswa kelas XII semester 1. Jadi seleksi nilai rapor selama 5 semester. 
Jika anda berminat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri seperti UNSRI, UGM, UPI, ITB, UI, IPB, UNY, USU, UNESA, atau Perguruan Tinggi Negeri lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Daftar seluruh nama-nama PTN bisa lihat DISINI.
Untuk bisa melakukan pendaftaran, maka anda harus membuka website resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id. Melalui alamat website tersebut, pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pemberi rekomendasi, dan siswa sebagai peserta SNMPTN. Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, silahkan mengikut seleksi Bidikmisi SNMPTN.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  • Siswa yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya
  • Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (untuk SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2016/2017
  • Pengisian dan verifikasi PDSS : 22 Januari - 12 Maret
  • Pendaftaran Online SNMPTN : 13 Februari - 15 Maret
  • Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN : 14 April - 28 April
  • Proses seleksi SNMPTN : 16 Maret - 8 Mei.
  • Pengumuman SNMPTN : 9 Mei
  • Pendaftaran Ulang SNMPTN dilakukan di masing-masing PTN penerima
Keterangan lain lebih lengkap mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran SNMPTN, Bidikmisi SNMPTN, kriteria penerimaan SNMPTN, dan lain-lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul : 
2. Pendaftaran Jalur Undangan PTKIN : SPAN-PTKIN 2016/2017
SPAN-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Seleksi jalur SPAN-PTKIN ini juga sama seperti pada jalur SNMPTN, yaitu didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.
Bagi anda yang memiliki keinginan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperi UIN Malang, UIN Jakarta, UIN Raden Fatah, UIN Sunan Kali Jaga, UIN Sunan Gunung Jati, UIN Sultan Syarif Khasim, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. Lihat DISINI untuk mengetahui daftar seluruh PTKIN se-Indonesia.
Pendaftaran SPAN-PTKIN ini dilakukan secara online melalui alamat website www.span-ptkin.ac.id. Kepala sekolah sekolah yang akan memberikan rekomendasi kepada siswa harus mengakses alamat website tersebut. Begitu juga dengan siswa yang akan melakukan pendaftaran, harus mengakses alamat website tersebut.
Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Sekolah
  • Sekolah memberikan rekomendasi untuk siswa.
  • Sekolah atau Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah atau madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Siswa
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2016.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
Jadwal Pelaksanaan SPAN-PTKIN 2016/2017
  • Pendaftaran online SPAN-PTKIN : 28 Februari - 25 April
  • Proses Seleksi : 27 April - 22 Mei
  • Pengumuman SPAN-PTKIN : 25 Mei
  • Pendaftaran Ulang SPAN-PTKIN dilakukan pada masing-masing PTKIN
Informasi lain yang berkaitan dengan SPAN-PTKIN seperti tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN, kriteria penerimaan SPAN-PTKIN, dan lainnya bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul :
3. Pendaftaran Jalur Undangan Politeknik Negeri : PMDK-PN 2016/2017
PMDK-PN atau yang memiliki kepanjangan Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri adalah jalur undangan masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia yang seleksinya juga didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa dari kelas X sampai kelas XII semester 1 dan ditambah juga dengan prestasi lainnya yang sesuai.
Anda yang ingin menempuh pendidikan vokasi melalui Politeknik Negeri, silahkan mengikuti seleksi jalur undangan PMDK-PN. Anda bisa memilih berbagai Politeknik Negeri se-Indonesia, misalnya POLSRI, POLMED, POLINEMA, POLIJE, PPNS, PENS, PNJ, atau Politeknik Negeri lainnya. Untuk mengetahui  daftar seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia, silakan klik DISINI.
Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online oleh pihak sekolah ataupun siswa calon peserta PMDK-PN melalui website resmi PMDK-PN yaitu www.pmdk.politeknik.or.id. Kepala sekolah dan siswa yang akan mendaftar diharuskan membuka webiste tersebut. Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, silahkan mengikut seleksi program Bidikmisi PMDK-PN.
Persyaratan Pendaftaran PMDK-PN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI yang ada di luar negeri.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2016
Persyaratan Pendaftaran PMDK-PN untuk Siswa
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada setiap semester
Jadwal Pelaksanaan PMDK-PN 2016/2017
  • Penyebaran dan request undangan : 9 Februari - 1 April
  • Pengisian data oleh sekolah : 9 Februari - 16 April
  • Pengisian data oleh siswa :  9 Februari - 17 April
  • Penerimaan berkas : 9 Februari - 17 April (cap pos)
  • Pengumuman PMDK-PN : 5 Mei

Related Posts:

1 Response to "Pendaftaran Jalur Undangan PTN 2016/2017"

  1. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    BalasHapus