Galeri

JALUR SELEKSI PMB UNIVERSITAS GADJAH MADA



JALUR SELEKSI PMB UNIVERSITAS GADJAH MADA

1.     Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.
Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya adalah SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS, mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Ujian Nasional (NUN) serta mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN.

2.     Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
SBMPTN merupakan pola penerimaan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional.

3.     Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA)
Seleksi Penelusuran Bibit Unggul UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola seleksi berdasarkan pada prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pola ini bertujuan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2014 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana. Adapun Seleksi Penelusuran Bibit Unggul yang diselenggarakan oleh UGM adalah sebagai berikut:
a.       Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.
b.       Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah perjanjian kerjasama dengan mitra yang masih berlaku.
c.        Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.
d.       Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional. Bidang olahraga dan seni yang dimaksud meliputi berbagai cabang olah raga prestasi.

4.     Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)
Seleksi Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2013, 2014 dan 2015 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi).

5.     Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)
Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM. Jadwal seleksi dan informasi lebih lanjut klik disini.

Perkiraan jadwal Seleksi Masuk Universitas Gadjah Mada - UGM

No.
Jalur Penerimaan
Pendaftaran
Seleksi
Pengumuman
1
Snmptn UGM
Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2016
Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2016
Sekitar akhir Mei 2016
2
Sbmptn UGM
Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2016
Sekitar 17 Juni 2016
Sekitar 16 Juli 2016
3
Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA)
Sekitar 1 April - 14 Mei 2016
Sekitar 1 Juni 2016
Sekitar 11 Juni 2016
4
Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)
Sekitar 11 April-18 Juni 2016
Sekitar 22 Juni 2016
Sekitar 18 Juli 2016
5
Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)
--
--
--

Keterangan :
  1. Diadakan untuk memilih calon mahasiswa baru yang berkualitas denagn kemampuan akademik dan potensi unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan di UGM sesuai batas waktu yang telah ditetapkan.
  2. Materi seleksi meliputi Tes Potensi Akademik, Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Ujian dilaksanakan di Yogyakarta, Semarang, Madiun, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Lhokseumawe, Bandar Lampung, Batam, dan Mataram.
  4. Materi Tes PBUTM, PBUK, PBUB: Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU).
  5. Materi Tes PBOS: Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Keterampilan.
  6. Materi Tes UTUL: Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek.
Tips Lulus SNMPTN Undangan 2016 - memilih jurusan yang tepat
1.     Nilai Rapor
SNMPTN identik dengan jalur prestasi. Pasalnya SNMPTN akan lebih mengutamakan nilai rapor yang tergolong tinggi dan baik. Usahakan Nilai rapor Kamu stabil dari semester 1 - 5, boleh saja ada penurunan, tapi bukanlah penurunan yang signifikan.
*Note : buat kamu yang ingin masuk ke fakultas kedokteran di universitas seperti UGM, UI, USU, maka nilai rata-rata rapor kamu (bidang studi prioritas seperti matematika, fisika, biologi, kimia, bahasa inggris, bahasa indonesia) usahakan mencapai rataan 90-92 untuk berada pada posisi aman.

2.     Alumni
Alumni / lulusan Sekolah Anda ternyata katanya cukup berperan penting pada proses penyeleksian SNMPTN. Apabila terdapat Alumni Kamu yang masuk ke fakultas yang kamu ingin capai, maka chance / kesempatan kamu terbuka lebar, namun apabila tidak ada maka chance/kesempatan kamu akan menjadi sangat kecil.

3.     Akreditasi Sekolah
Jika sekolah kamu memiliki Akreditasi sekolah yang terbilang sangat baik, maka janganlah ragu untuk membuat suatu pilihan di SNMPTN nanti, semakin baik akreditasi sekolah kamu maka akan semakin bagus.

4.     Pilihan Program Jurusan
Nah, ini adalah salah satu poin yang sering sekali membuat banyak siswa merasa galau. Banyak yang merasa bimbang akan pilihan program studi yang hendak dipilihnya.
Ingin saya garis bawahi, berdasarkan seminar yang kami ikuti : buat kamu yang saat ini berada di Program IPA : maka pilihlah program studi di bidang IPA, tapi jika kamu ingin menembak pilihan IPS, maka pilihlah seluruh pilihannya adalah IPS (ingat ! tidak ada pilihan IPC untuk SNMPTN, jangan memilih program studi IPA dan IPS), dan begitu pula buat kamu yang sedang berada di program IPS.
5.     Pilihan Universitas
Disini saya ingin menerangkan bahwa kalau di SNMPTN, urutan universitas juga diperhatikan. (tidak ada universitas yang ingin dinomor 2 kan, sehingga pikirkan dengan matang).
Tips memilih universitas, :
Jadi , ketika kamu hendak mendaftar SNMPTN, nanti kamu akan hanya diperbolehkan mendaftar dengan 3 Pilihan Jurusan dan 2 Universitas saja. Berikut ini akan kami berikan tips yang baik untuk memilih jurusan.
Pilihan Yang Benar
Pilihan 1 - Univ A
Pilihan 2 - Univ A
Pilihan 3 - Univ B

atau

Pilihan 1 - Univ B
Pilihan 2 - Univ B
Pilihan 3 - Univ A

Pilihan yang salah :
Pilihan 1 - Univ A
Pilihan 2 - Univ B
Pilihan 3 - Univ A

6.     Nilai batas minimum (Passing Grade).
Ini adalah bagian yang memiliki poin penting, buat kamu yang ingin menentukan pilihan jurusan maka urutkanlah program studi yang hendak kamu pilih sesuai dengan passing gradenya, urutkan pilihan dari yang tertinggi ke yang terendah,
Contoh :
Pilihan 1 : Pendidikan Dokter - Universitas Indonesia 65%
Pilihan 2 : Pendidikan Dokter - Universitas Gajah Mada 60%
Pilihan 3 : Teknik Nuklir - Universitas Gajah Mada 40%
(informasi : Buat kamu yang ingin lihat daftar passing grade, bisa lihat dihalaman daftar passing grade snmptn 2015.)

7.     Sertifikat / Prestasi Lainnya.
Buat kamu siswa berprestasi , maka kamu patut berbangga, karena SNMPTN juga akan mempertimbangkan prestasi yang kamu raih. Apabila kamu punya sertifikat seperti : Juara 1 OSN, atau olimpiade tingkat nasional atau bahkan internasioan, atau prestasi apapun itu maka jangan pernah ragu untuk menyertakannya pada saat pendaftaran SNMPTN nanti.


Info:rully rezki saputra

Related Posts:

0 Response to "JALUR SELEKSI PMB UNIVERSITAS GADJAH MADA"

Posting Komentar